Friday, July 8, 2011

Kenali Bunga Nasional Kita


Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 4 tahun 1993 yang berisi ketetapan mengenai bunga nasional negara kita yaitu Bunga Melati (Jasminum sambac) yang ditetapkan sebagai Puspa Bangsa, Bunga Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai Puspa Pesona, dan Padma Raksasa atau Bunga Rafflesia (Rafflesia arnoldi) sebagai Puspa Langka.

Bunga Melati (Jasminum sambac) merupakan salah satu spesies melati yang berasal dari Asia Selatan. Tanaman perdu ini tersebar mulai dari daerah Hindustan, Indochina, Malaysia, hingga ke Indonesia. Bunga melati putih ditetapkan sebagai puspa bangsa, Melati memiliki aroma yang lembut menenangkan.

Ada sekitar 200 jenis melati yang sudah teridentifikasi, tetapi hanya 8-9 jenis yang umum dibudidayakan. Melati tidak membutuhkan pemeliharaan yang rumit. Harga melati yang merakyat (relatif murah). Dari semua kelebihan melati itu, tidak berlebihan jika kemudian melati ditetapkan sebagai bunga bangsa.

Semntara itu, Bunga Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) merupakan salah satu jenis anggrek (Orchidaceae) yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar, berwarna putih, tumbuh liar, hidup secara epifit dan tersebar luas mulai dari Indonesia,Papua, Filipina, Malaysia hingga ke Australia. Keelokan anggrek bulan ini yang kemudian mempesona semua pihak yang menjadi dasar pertimbangan sehingga anggrek bulan pun ditetapkan sebagai puspa pesona menyandingi puspa bangsa dan puspa langka.

Lain halnya dengan Padma Raksasa (Rafflesia arnoldi) ditetapkan menjadi puspa langka ini, melengkapi Melati Putih (puspa bangsa) dan Anggrek Bulan (puspa pesona). Selain menjadi bunga nasional, Rafflesia arnoldii juga menjadi flora identitas provinsi Bengkulu.

Rafflesia arnoldii merupakan tanaman endemik Sumatera, satu dari sekitar 30-an jenis Rafflesia yang ditemukan di Asia Tenggara, mulai dari semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra, dan Filipina. Dinamakan padma raksasa lantaran ukuran bunganya yang mampu mencapai diameter 100 cm dengan berat 10 kg.

Sampai saat ini Rafflesia arnoldii tidak pernah berhasil dikembangbiakkan di luar habitat aslinya. Oleh karena itu Raflesia membutuhkan habitat hutan primer untuk dapat bertahan hidup. Mungkin lantaran hal ini yang kemudian menjadi dasar pertimbangan sehingga padma raksasa ditetapkan sebagai puspa langka Indonesia. 

Ketiga bunga kebanggan Indonesia ini diharapkan mampu mewakili karakteristik bangsa dan negara Indonesia. Karena itu ketiganya kemudian ditetapkan sebagai bunga (puspa) nasional Indonesia.

*Bayu Haryanto/Berbagai Sumber. Padang 02 Juni 2011.

———————————————————————————————————————————————
Bayu Haryanto – biasa disapa Ubay. Penikmat senja yang bermimpi untuk explore Indonesia dengan tagline #JajahNagariAwak. Pemotret yang suka dipotret. Perngkai kata dalam blog kidalnarsis.blogspot.com. Jejaring sosial Twitter @beyubay dan Instagram @beyubaystory.

Traveling  Explore  Journalism  Photograph  Writer  Share  Inspire

 ©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...