Wednesday, December 26, 2012

Bisnis Plan: Kerupuk Tempe Balado Buyuang


1. Latarbelakang
Siapa yang tak mengenal tempe. Makanan hasil fermentasi kedelai dengan jamur Rhizopus. Sp ini telah menjadi makanan yang mendunia, pasalnya semua kalangan dari yang muda hingga tua menyukainya.

Sebagai makanan khas asli indonesia Tempe biasanya dinikmati dalam bentuk olahan seperti digoreng sebagai lauk atau pelengkap teman makan nasi di keseharian. Selain itu juga, olahan tempe bisa dijadikan keripik namun kali ini saya akan mencoba menginovasikan tempe menjadi kerupuk dengan rasa balado.

Dari segi nama, kerupuk tempe seharusnya terbuat dari tempe yang dipadukan dengan berbagai bahan pembuat kerupuk namun kenyataannya di masyarakat tidak. Kerupuk tempe ini terbuat dari kedelai yang notabennya bahan dasar pembuatan tempe.

Beranjak dari itulah saya akan membuat peluang usaha kuliner dalam hal ini makanan ringan semacam kerupuk yang terbuat dari tempe. Nama brandnya “Kerupuk Tempe Balado Buyuang”

2. Proses pembuatan
Pembuatan kerupuk tempe  pada dasarnya sama seperti membuat kerupuk lainnya namun yang membedakannya bahan yang ditonjolkannya adalah tempe. Kerupuk tempe ini terdiri dari 3 komponen bahan adonannya. Pertama, bahan dasar yaitu tepung beras, tepung kanji, air, bahan pengembang. Kedua, bahan khas yaitu tempe dan yang terakhir bahan pelengkap berupa bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam  dan penyedap rasa.

Proses pembuatan kerupuk tempe. Tempatkan tepung beras, tepung tapioka dalam wadah, taruh bumbu halus, aduk sambil dituangi air sedikit demi sedikit sampai rata. Tambahkan tempe halus aduk rata. Adonan yang telah jadi ditaruh pada cetakan berupa loyang kemudian dikukus sampai masak dan didinginkan.

Setelah dingin, keluarkan dari cetakan, diamkan sampai agak keras kemudian diiris tipis-tipis. Hasil irisan tadi jemur dibawah sinar matahari sampai kering.  Setelah kering kerupuk tempe tersebut digoreng. Kemudian dikering lalu angkat.Kerupuk tempe yang telah tiriskan ditambahkan bumbu serbukan balado. Siap dibungkus dan dipasarkan.

3. Analisis Pasar dan Kelebihan Produk
Kerupuk tempe ini menjadi peluang usaha inovasi dari usaha makanan kerupuk karena  usaha kerupuk tidak membutuhkan biaya awal investasi  yang tinggi dan harga jual dari produk yang dihasilkan terjangkau oleh semua kalangan. Bahkan jarang juga  perajin kerupuk membuat kerupuk dari bahan yang menjadi ciri khasnya tempe langsung.

Selain itu juga dari inovasi rasa balado dan tampilan bungkus yang trasparan, kerupuk tempe ini dapat memikat penikmat cemilan terutama cemilan dari kerupuk dan mampu menambah rasa nikmat saat santap makan nasi. Sebab belum ada kerupuk tempe yang memiliki rasa.

Kemudian dengan warna kemerahan dan wana dasar kerupuk yang coklat kekuningan dan warna bungkus yang transparan diharapkan mampu menjadi pemikan konsumen untuk bisa menikmatinya.

Dari kelebihan produk ketupuk tempe saya ini, langkah awal saya akan melakukan pemasaran produk dengan menjual door to door dari teman ke teman, dari lingkungan sekitar tempat tinggal saya dan memanfaatkan peluang media sosial dengan membuat akun Twitter.

Dalam setiap promo di media sosial saya akan mempromosikan produk saya dengan menyertakan ilustrasi gambar foto agar lebih menarik konsumen dan untuk meluas produk ini saya akan membuat fanpage di Facebook dan di blog saya akan membuat hasil komentar para konsumen yang telah menyicipi produk saya ini sebagai bukti produk ini bisa bersaing dengan kerupuk lainnya yang banyak peminatnya seperti kerupuk udang dan kerupuk ikan.

Bayu Haryanto (Ubay), Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta, Padang, Aktif di Lembaga Pers Mahasiswa Wawasan Proklamator, Universitas Bung Hatta, Padang. Rancangan bisnis ini dibuat saat mengikuti Workshop Internet, Blog dan Media Sosial yang diadakan Tempo Media dan Bank Mandiri pada 10-11 Desember di Universitas Andalas, Padang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...