Tuesday, December 29, 2015

Pesona Gunung Padang Tak Lekang Oleh Waktu


Terkadang kesibukan membuat kita lupa dan tak sempat untuk menikmati keindahan alam. Memang tidak ada waktu menjadi alasan kita yang secara otomatis akan malas untuk pergi keluar rumah meski hari libur telah tiba. Terlalu mager (malas gerak). Ingin membalas dendam dengan tidur seharian atau berleha-leha. Sayang sekali bukan.

Bagi saya itu suatu hal yang merugikan, pasalnya selagi ada kesempatan maka manfaatkanlah. Nongkrong di alam menjadi pilihan yang menarik bagi saya. Kota Padang yang dipagari oleh bukit barisan menyajikan panorama alam yang menyejukan mata. Begitu juga dengan beberapa spot untuk menikmati keindahan kota dari ketinggian atau menelusuri hutan untuk mencari kecantikan air terjun hingga berlayar mencari pulau-pulau yang eksotik. Padang mempunyai harta karun wisata yang patut dicari.

Kali ini, nikmati saja panorama kota dari ketinggian yang membuat damai. Gunung Padang atau Gunuang Padang tempatnya. Untuk kesekian kalinya saya telah "mendakinya". Tidak akan pernah bosan untuk menjelajahinya dan telah menjadi destinasi wisata favorit bagi saya. Sudah terlanjur falling in love deh.

Puncak Gunuang Padang ini menjadi tujuan utamanya, setelah tracking dengan mendaki 331 anak tangga (hasil perhitungan saya bersama Kiki kala itu. red) maka akan sampai di Taman Siti Nurbaya dengan lanskepnya yang indah bro. Mana tahu bisa berjumpa dengan siti-siti lainnya di sini.

Gunuang Padang ini bukan sembarang gunung loh, meskipun sebatas bukit yang memiliki ketinggian tidak lebih dari 400 mdpl ini, memiliki banyak cerita dan objek wisata yang patut dijelajahi. Bisa dimulai dari kisah Siti Nurbaya, benteng dan bunker yang merupakan situs peninggalan jaman penjajahan Jepang, suasana perkampuangan nelayan, nikmatnya memancing hingga panorama alam yang menakjubkan. Serius loh, tak mau coba nih?

Gunuang Padang merupakan objek wisata yang sangat strategis berada di pusat kota kira-kira lebih dari 5 km atau berjarak 1 km dari Kantor Balai Kota Lama Padang, tepatnya Kelurahan Kampung Seberang Pabayang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Kita bisa melewati sepanjang pesisir Pantai Padang, kemudian menuju arah Jembatan Siti Nurbaya. Ikuti saja jalan hingga ke bawah jembatan, lurus terus dengan menyusuri tepian sungai Batang Arau hingga menuju arah Gunuang Padang yang berada di muara sungai.

Memang tidak ada salahnya bila sedang berada di Kota Padang untuk dapat berwisata sambil trakking ke Gunuang Padang ini. Pesonanya itu loh, tak akan lekang oleh waktu yang mengundang pengunjung untuk terus datang menyambanginya.

Indahnya Pesona Alam dari Gunung Padang memang tiada duanya membuat kita rindu untuk mengunjunginya bahkan Romantisnya Panorama Malam Kota dari Gunung Padang tak tergantikan. Tentunya Pesona Gunuang Padang Tak Lekang oleh Waktu. Menarik bukan.

Sayangnya, meskipun berlokasi di pusat kota, banyak juga masyarakat yang tak tahu loh. Rugi banget jika tidak pernah menikmati keindahan kota dari ketinggian. Nah, untuk mengetahui apa saja yang ada di objek wisata ini bisa melirik ke sini (Inilah 13 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui dari Gunung Padang)

Selain itu juga, terdapat beberapa spot yang foto genik yang dapat menjadi refensi ketika berkunjung ke Gunuang Padang, berikut adalah tempatnya:

1. Gerbang Objek Wisata Gunuang Padang



2. Situs Bungker dan Benteng Peninggalan Zaman Penjajahan Jepang.



 3. Great Wall Padang



4. Tebing Gunuang Padang.



5.  Tangga - Tangga di Gunang Padang.



6. Bebatuan di Sekitar Posko 7.




7. Lingkaran Batu di Taman Siti Nurbaya



 8. Pendopo atau Gazebo Gunuang Padang.



9. Tempat Duduk yang View-nya ke Kota Padang.



10. Tebing Panorama Kota Padang



11. Benteng Batu Berbentuk Lingkaran dengan View Kota Padang.




12. Tempat Duduk dengan View Panorama Samudera Hindia.


13. Pendok atau Gazebo dengan View Samudera Hindia.


14. Batu Besar Sekitaran Pendok atau Gazebo dengan View Samudera Hindia.

 
—————————————————————————————————————————————
Bayu Haryanto – biasa disapa Ubay. Penikmat senja yang bermimpi untuk explore Indonesia dengan tagline #JajahNagariAwak. Pemotret yang suka dipotret. Perngkai kata dalam blog kidalnarsis.blogspot.com. Jejaring sosial Twitter @beyubay dan Instagram @beyubaystory.
Traveling  Explore  Journalism  Photograph  Writer  Share  Inspire

 ©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

4 comments:

  1. pergi pagi balik sore bisalah ya kesini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa uni, tapi betah amet seharian disini. Pagi aja cukup atau sore hehe

      Delete
  2. itu sore2 duduk disitu sambil nyeruput kopi pasti mantep abis dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali pak soalnya tempatnya keren hehehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...