Wednesday, August 10, 2016

12 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tour de Singkarak 2016


Para pembalap Tour de Singkarak ketika mulai berjalan. (Sumber: Facebook Tour de Singkarak Official)
Eforia dalam menyambut pelaksanaan event Tour de Singkarak di Ranah Minang memang tidak diragukan lagi, berbagai macam respon dari masyarakat yang daerahnya menjadi tempat lalu lalang para atlit balap sepedah ada yang begitu senang bisa melihat bule hingga menyajikan kuliner dan menampilkan pertunjukan kesenian khasnya masing-masing daerah. Terlepas dari itu ada 12 hal yang harus diketahui mengenai event tahunan Tour de Singkarak, Berikut rinciannya:


1. Tour de Singkarak adalah ajang balap sepeda bertaraf Internasional yang merupakan perpaduan atraktif antara promosi pariwisata dan olahraga yang diselenggarakan di Sumatra Barat.

2. Tour de Singkarak melewati destinasi wisata terbaik destinasi wisata terbaik Sumatra Barat yang sudah tidak diragukan lagi akan keindahan panorama alamnya. Sesuai dengan namanya, Singkarak yang merupakan danau terbesar di Sumatera Barat menjadi bagian dari jalur lintasan Tour de Singkarak. Selain itu, beberapa kawasan wisata lain juga menjadi bagian dari jalur lintasan, termasuk Kelok 9, Lembah Harau, Danau Maninjau, Kelok 44, Lembah Anai, Pantai Carocok, Pantai Gandoria, Pantai Padang dan objek wisata lainnya.  Peserta akan menyusuri alam Minangkabau yg memiliki keanekaragaman obyek wisata alam (nature) dan budaya (culture), dan buatan (manmade).

3. Tour de Singkarak adalah kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International) yang diselenggarakan tiap tahun di Sumatera Barat sejak 2009 dan jadi event tahunan. Bahkan event Tour de Singkarak 2016 masuk dalam kalender balap sepeda tahunan dunia Union Cycliste Internationale (UCI) atau UCI Road Calendar 2016.

4. Tour de Singkarak menjadi salah satu andalan dari Kementerian Pariwisata dalam upaya mendongkrak sport tourism di Indonesia, yang kemudian muncul kegiatan yang sama diberbagai daerah spt Tour de Ijen Banyuwangi, Tour de Flores.

5. Tour de Singkarak berhasil mempopulerkan Sumatra Barat sebagai daerah tujuan wisata ditandai dengan kenaikan jumlah kunjungan wisatawan dalam 4 tahun terakhir. Tahun 2015 lalu sebanyak 6,9 juta wisatawan nusantara dan 78.274 wisatawan mancanegara, sedangkan target tahun 2016 ini meningkat 7,4 juta wisatawan nusantara dan 85 ribu wisatawan mancanegara.

6. Tour de Singkarak menjadi salah satu event balap sepeda yang bergengsi dan terfavorit di Asia. Data ACC Asian Cycling Confederation

7. Tour de Singkarak menjadi magnet yang luar biasa bagi kalangan media massa lokal, domestik maupun internasional.

8. Tour de Singkarak menjadi peringkat ke-5 event balap sepeda dengan jumlah penonton terbanyak. Data UCI Union Cycliste Internationale,ASO Amauri Sport Organisation menyebutkan Tour de France (12 juta penonton), Giro d’Italia (8 juta), Vuelta a Espana (5 juta), Santos Tour Down Under (750 ribu) dan Tour de Singkarak (550 ribu).

9. Tour de Singkarak  2016 menempuh 8 Etape melalui 16 Kabupaten kota dan total jarak 1102,7 km.
Stage 1: Solok - Payakumbuh 95.8 km
Stage 2: Limapuluh Kota - Tanah Datar 119.5 km
Stage 3: Pasaman - Pasaman Barat 123.1 km
Stage 4: Padang Panjang - Agam 151.6 km
Stage 5: Pesisir Selatan - Pariaman 153.1 km
Stage 6: Padang Pariaman - Sawahlunto 151.1 km
Stage 7: Sijunjung - Dharmasraya 133.8 km
Stage 8: Bukittinggi - Padang 145.9 km
10. Tour de Singkarak  2016 diikuti 23 tim balap sepeda yang terdiri dari 18 tim internasional dan lima tim nasional dengan total 230 peserta.

11. Tour de Singkarak  2016 sebagai salah satu kejuaraan balap sepeda resmi Persatuan Balap Sepeda Internasional /Union Cycliste Internationale di kelas 2.2 Asia our.

12. Tagar #TDS2016 #TDSingkarak2016 jadi trending topic di Twitter pada 6 Agustus 2016 dan Tour de Singkarak 2016 menjadi balap paling populer di dunia menurut worldcyclingstats.com.



Informasi Tour de Singkarak 2016:
Twitter: @tdesingkarak
Instagram: @tourdsingkarak
Fan Page Facebook: Tourdsingkarak 
Web: www.tourdesingkarak.id
Email: tourdesingkarak.id@gmail.com and mediatourdeaingkarak@gmail.com

Diolah dari berbagai sumber.
————————————————————————————————————————————————————
Bayu Haryanto – biasa disapa Ubay. Penikmat senja yang bermimpi untuk explore Indonesia dengan tagline #JajahNagariAwak. Pemotret yang suka dipotret. Perngkai kata dalam blog kidalnarsis.blogspot.com. Jejaring sosial Twitter @beyubay dan Instagram @beyubaystory.

Traveling  Explore  Journalism  Photograph  Writer  Share  Inspire

©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

2 comments:

  1. Mantap infonya, salam kenal sanak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Uni, salam kenal kembali. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...