Thursday, September 1, 2016

8 Alasan Mengapa Kamu Wajib Saksikan Festival Siti Nurbaya 2016


Siti Nurbaya adalah tokoh dan kisah yang melegenda bagi masyarakat Minangkabau. Siapa yang tidak mengenalnya, berangkat dari cerita roman, kemudian muncul dalam keseharian. Begitu nyata kehadirannya terutama ketika teringat perjodohan, maka kisah Siti Nurbaya ini menjadi sebuah rujukan pembandingnya. Terkait pilihan cinta yang bukan dari lubuk hatinya yang paling dalam.

Hingga saat ini kisah Siti Nurbaya begitu terjaga. Tersirat akan nilai perjuangan, kebebasan hingga ragamnya budaya dan adat yang diceritakan didalamnya. Menjadi pesan bagi generasi kini dan berikutnya. Karena begitu populernya sehingga menjadi inspirasi dari penamaan sebuah iven besar di Kota Padang. Adalah Festival Siti Nurbaya namanya.

Alek gadang ini tiap tahunnya tabuh, Tentunya bila ke Kota Padang dipastikan kamu wajib sekali untuk menyaksikan Festival Siti Nurbaya ini. Mengapa demikian? Nih, berikut 8 alasannya.

1. Karena Festival Siti Nurbaya merupakan agenda tahunan pariwisata Kota Padang yang telah dihelat sejak tahun 2011 dan menjadi ikon iven Kota Padang. Festival ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang dengan mengangkat budaya, tradisi dan adat Minangkabau yang dirangkai sedemikian rupa mengikuti perkembangan zaman dengan menjaga kearifan lokal Minangkabau, khususnya di Kota Padang.

2. Karena Festival Siti Nurbaya sebagai media promosi yang akan mengundang para pelancong baik lokal maupun mancanegara untuk berwisata ke Kota Padang yang disiapkan sebagai destinasi wisata keluarga yang ramah.

3. Karena Festival Siti Nurbaya menjadi media untuk mempertemukan lintas generasi dan lintas etnik yang telah berbaur dalam tatanan kehidupan di Kota Padang yang begitu beranekaragam. Seperti dalam cerita Tambo Minangkabau, Kota Padang merupakan daerah rantau yang didirikan oleh para perantau dari dataran tinggi (darek) Minangkabau.

4. Karena Festival Siti Nurbaya 2016 menjadi iven yang keenam kalinya digelar tepatnya pada 7 – 10 September 2016. Festival Siti Nurbaya ini sebagai stimulus untuk menggairahkan dan melestarikan berbagai ragam seni dan budaya Minangkabau kepada masyarakat umum dan terutama bagi generasi muda sehingga dapat membawakannya dalam kehidupan sehari-hari.

5.Karena Festival Siti Nurbaya 2016 dipusatkan di Taman Muaro Lasak dan Monumen Merpati Perdamaian, Kawasan Pantai Padang. Pastinya akan diserbu oleh masyarakat dan semua tertuju ke sana, sebab lokasinya merupakan salah satu destinasi andalan Kota Padang yang terus dipercantik serta selalu ramai dikunjungi oleh berbagai pelancong.

6. Karena Festival Siti Nurbaya 2016 ini tidak hanya melibatkan tim dari perwakilan kelurahan atau kecamatan saja, tapi menjadi kerennya lagi, berkolaborasi dengan generasi muda yang berasal dari berbagai komunitas di Kota Padang dan lebih banyak lagi melibatkan masyarakat umum di Kota Padang atau yang sedang berwisata ke Kota Padang.

7. Karena Festival Siti Nurbaya 2016 menghadirkan banyak rangkaian kegiatan serta perlombaan yang unik-unik dan pastinya menarik, baik sebelum iven atau saat berlangsungnya iven. Gimana nggak kece coba,  Festival Siti Nurbaya ini juga menggelar lomba di berbagai media sosial dan promosi melalui media sosial/online yang mempunyai pengaruh sangat besar terutama kepada generasi muda Kota Padang.

8. Karena perlombaan di Festival Siti Nurbaya 2016 ini sangat unik dan terbilang langka untuk diselenggarkan dalam acara-acara pada umumnya. Seperti Lomba Maelo Pukek (menarik jaring ikan), Lomba Membuat Teh Talua, Lomba Manggiliang Lado dan masih banyak lainnya. 

Pastinya kamu harus terus simak agenda lengkap Festival Siti Nurbaya 2016 berikut ini:
  • Pembukaan Festival Siti Nurbaya : 7 September 2016 – Taman Muaro Lasak ( Monumen Merpati Perdamaian)
  • Karnaval dan Perahu Hias Festival Siti Nurbaya : 7 September 2016 – Taman Muaro Lasak (Monumen Merpati Perdamaian)
  • Lomba Salaju Sampan: 7-10 September 2016 – GOR Dragon boat Venue
  • Lomba Maelo Pukek : 9 September 2016 – Pantai Muaro Lasak, jam 07.00-09.00
  • Lomba Panjat Pinang: 9 September 2016 – Pantai Muaro Lasak, jam ,15.00-17.00
  • Lomba Permainan Anak Nagari (Enggrang, Sepak Rago, Tarompah Tampuruang) : 8- 9 September 2016 – Taman Muaro Lasak (Monumen Merpati Perdamaian)
  • Lomba Manggiliang Lado : 8-9 September 2016- Taman Muaro Lasak ( Monumen Merpati Perdamaian)
  • Lomba Mangukua Karambia : 8 September 2016 – Taman Muaro Lasak (( Monumen Merpati Perdamaian)
  • Lomba Malamang antar SMA: 8 September 2016 – Taman Muaro Lasak ( Monumen Merpati Perdamaian)
  • Lomba Membuat Teh Talua: 8-9 September 2016- Taman Muaro Lasak (Monumen Merpati Perdamaian)
  • Lomba Vokal Grup Lagu Minang Tingkat SMP 9 September 2016- Taman Muaro Lasak ( Monumen Merpati Perdamaian)
  • Lomba Sosial Media – Lomba Instagram (Foto dan Video) – Lomba Blog – Lomba Facebook – Lomba Twitter – Lomba Email Kuesioner – Lomba Campaign BBM – Lomba Campaign Whatsapp
  • Lomba Fotografi: 7-10 September 2016 – Taman Muaro Lasak (Monumen Merpati Perdamaian)
  • Gathering Komunitas “The Harmony Collaboration”: 7-10 September 2016 – Taman Muaro Lasak ( Monumen Merpati Perdamaian)
  • Nonton Bareng Film Anak Nagari: 9 September 2016 – Taman Muaro Lasak (Monumen Merpati Perdamaian)
  • Pentas Seni dan Penutupan : 10 September 2016 – Taman Muaro Lasak (Monumen Merpati Perdamaian)
Informasi Mengenai Festival Siti Nurbaya 2016 :
Twitter : @FestSitiNurbaya
 Instagram : @sitinurbayafestival
Facebook : Festival Siti Nurbaya
Website: www.festivalsitinurbaya.com

***Tulisan ini dikutsertakan dalam Lomba Blog Festival Siti Nurbaya 2016
————————————————————————————————————————————————————
Bayu Haryanto – biasa disapa Ubay. Penikmat senja yang bermimpi untuk explore Indonesia dengan tagline #JajahNagariAwak. Pemotret yang suka dipotret. Perngkai kata dalam blog kidalnarsis.blogspot.com. Jejaring sosial Twitter @beyubay dan Instagram @beyubaystory.

Traveling  Explore  Journalism  Photograph  Writer  Share  Inspire

©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

5 comments:

  1. Acaranya banyak.. jadi pengen kesana..
    *lirik bos di meja sebelah buat minta cuti*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo uni rayu bosnya atau malah ajak aja bos nya utk ke padang heheh

      Delete
  2. Pengen liat langusung acara festival siti nurbaya tapi jauh ya di padang :(

    ReplyDelete
  3. Pengen liat langusung acara festival siti nurbaya tapi jauh ya di padang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ayo mas Budi pegi liburan ke Padang. Siapa tau ketemu siti nurbaya hehehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...