Monday, October 31, 2016

#PalanTalk dan Komunitas Blogger di Sumatra Barat



Saling bertukar pikiran, berbagai pengalaman, berkenalan satu sama lainnya hingga menambah list pertemanan sekaligus memperluas jejaring. Bertemu rekan baru dan tergabung dalam satu perkumpulan, tentu bisa membuat kita lebih memaknai arti dari manusia sebagai makhluk sosial itu. Itulah kegiatan yang sejatinya dapat memberikan manfaat yang besar dalam menyalurkan hobi.

Akhir bulan Oktober 2016 ini menjadi momen yang berkualitas bagi saya dalam mengisi waktu luang. Saya mengikuti kegiatan yang bernama #PalanTalk #1 #PalantaReborn yang prakarsai oleh Komunitas Blogger Sumatra Barat @BloggerPalanta di UP Coworking Space Kota Padang.

#PalanTalk ini merupakan salah satu iven yang diadakan dalam rangka memperingati hari Blogger Indoensia yang jatuh pada 27 Oktober 2016 lalu sekaligus untuk menggaet pengguna blog lainnya yang ada di Sumatra Barat. #PalanTalk menjadi sarana untuk berbagi dan silaturahmi para blogger di Sumatra Barat dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang pastinya expert sekali di dunia tulis menulis dan sejenisnya.

#PalanTalk edisi pertama ini bertemakan #PalantaReborn sebagai bentuk sprit bagi pengguna blog untuk terus aktif meng-update tulisannya atau apapun di dalam blognya agar jangan terlalu lama menjadi blogger hiatus (berhenti sejenak dari aktivitas blogging seperti membuat sebuah blog, memeliharanya ataupun juga menambahkan postingan pada blognya).

Kegiatan ini juga sejalan dengan semangat juang Sumpah Pemuda yang terus ditanamkan dalam sanubari (berat-berat hehe). Tidak hanya itu #PalanTalk ini juga untuk menunjukan kehadiran komunitas @BloggerPalanta kepada khalayak banyak.

Keluarga Baru itu Bernama @BloggerPalanta

Mamang saya akui, sangat terlambat sekali mengenal Komunitas @BloggerPalanta ini. Awal mula tinggal di Kota Padang sejak 2008, saya tidak mengenal ada komunitas semacam ini (mungkin saya kurang update hehe). Padahal saya sudah lama menggeluti dunia tulis menulis, terutama ketika saya kuliah dulu yang tergabung bergabung dengan organsiasis Pers Kampus UKM Wawasan Proklamator di Universitas Bung Hatta, sampai saat ini masih aktif dan menjadi anggota seumur hidup.

Perkenalan awal dengan Komunitas @BloggerPalanta itu ketika ada sebuah iven yang bernama WEGi di PT. Semen Padang pada bulan 2016 lalu. Saat itu pula ada salah satu anggota komuntias ini yang bernama  Hafizhah (kk Fhia) japri via messenger WA mengajak bergabung.

Dalam hati saya mengapa tidak untuk hal-hal yang positif dan memberi manfaat yang besar, tidak untuk saya saja, namun bagi yang lainnya juga, apa lagi bagi komunitasnya. Hal yang menyenangkan itu ketiak menjadi bagian dari keluarga baru di Komunitas @BloggerPalanta dan disambut dengan hangat, penuh rasa kekeluargaan, tak bisa diungkapkan deh.

Komunitas @BloggerPalanta Lahir sebagai media berkumpul dan silaturhami para blogger di Sumatra Barat yang telah eksis sejak 2007. Nama Palanta sendiri berasal dari salah satu ruangan di Rumah Gadang, rumah adat tradisional di Minangkabau yang berfungsi sebagai tempat berkumpul, diskusi para penghuni Rumah Gadang.

Komunitas @BloggerPalanta terbentukdari hasil kopdar 15 blogger yang di Lesehan RM Lubuk Idai, Padang pada awalnya 30 Desember 2007 lalu dan akhirnya ditetapkan sebagai hari jadi Komunitas @BloggerPalanta.

Semula Komunitas @BloggerPalanta ini untuk Kota Padang, namun karena banyaknya anggota yang berasal dari luar Kota Padang yang bergabung sehingga diperluas lagi cakupannya menjadi Sumatra Barat pada ulang tahunnya yang pertama.

Kegiatan di Komunitas @BloggerPalanta ini sangat beragam mulai dari Kopdar dan diskusi lepas, #PalantaPikinik untuk kegiatan jalan-jalan, #PalantaBubar saat buka puasa bersama di bulan Ramadan, #SharingSession edisi berbagi pengetahuan dan wawasan dengan pelajar.

Kemudian terlibat dalam Asean Blogger Fastival tahun 2011 dan 2013, mengikuti Pesta Blogger hingga menghadiri berbagai undangan iven. Terbaru dari  Komunitas @BloggerPalanta inj membuat iven #Palantalk sebagai media sharing dengan menghadirkan pembicara dan tema cerita yang berbeda untuk tiap bulannya. Aktivitas itu terekam dalam palanta.org dan dalam sosial mediannya Twitter/Instagram @bloggerPalanta.

Mari Berbagai dengan #PalanTalk

Terdapat dua pembicara yang membagikan pengalamannya dalam dunia tulis menulis dan media kreatif saat #PalanTalk edisi pertama ini yaitu bg Emen admin @InfoSumbar dan Ade Suhendra admin @sudutpayakumbuh yang dipandu oleh Rusrian Yuzaf (bg Rian).

Suasana kegiatan yang semula santai, kemudian terkesan menjadi resmi, tetap penuh rasa kekeluargaan. Moderator mulai memperkenalkan Komunitas @BloggerPalanta hingga para narasumber dan peserta kegiatan yang hadir satu per satu.

Masuk pada sesi pemaparan dari bg Emen admin @InfoSumbar yang bercerita bagaimana awal mulanya berdiri @InfoSumbar hingga bisa didaulat oleh founder-nya untuk mengelola seluruh kontennya. Begitu juga dengan Ade Suhendra admin @sudutpayakumbuh yang semula seorang jurnalis kemudian memantapkan diri mengelola media informasi kreatif di salah satu kota kecil di sudut Sumatera Barat untuk wilayah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluhkota.

Sesi selanjutanya diskusi dan berbagi pengalama para peserta mengenai dunia blog yang digelutinya. Termasuk saat itu saya berkesempatan berbagai cerita. Dalam kegiatan ini juga saya bertemu dengan uda Bara beserta istrinya uni Ayu yang baru pertama jumpa. Selama ini berkenalan di dunia maya. Itu melalui blog juga karena suka jalan-jalan liat blognya (blog walking). Ada juga kakak senior saya saat kuliah dulu yang bernama Anita Oktomia, ibu rumah tangga yang menjadi penulis independen dan sudah menerbitkan novel.

#PalanTalk ini sangat berkesan sekali bagi saya, mendekatkan yang jauh dan mempererat jalinan silaturahmi. Dari berbagai kalangan dan berbagai jenis tulisan. Ngeblog itu buka sekedar hobi, tapi dapat menjadi passion dan membangung karakter diri. Btw, makasih Dedet atas fotonya.

Yuk barangkali yang belum bergabung bisa ikut join dengan Komunitas @BloggerPalanta dan tunggu #PalanTalk edisi kedua. Dari Sumatra Barat Untuk Indonesia. Mari berbagi. Ayo menulis, Ayo ngeblog!





————————————————————————————————————————————————————
Bayu Haryanto – biasa disapa Ubay. Penikmat senja yang bermimpi untuk explore Indonesia dengan tagline #JajahNagariAwak. Pemotret yang suka dipotret. Perngkai kata dalam blog kidalnarsis.blogspot.com. Jejaring sosial Twitter @beyubay dan Instagram @beyubaystory.

Traveling  Explore  Journalism  Photograph  Writer  Share  Inspire

 ©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

22 comments:

  1. Sukses buat Palanta yang aktif lagi. Ditunggu acara lainnya di kota lain seperti Bukittinggi. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih uda.
      Nanti dibilang deh utk roadshow atau bikin palantapiknik ke bukit 😀

      Delete
  2. hi, uda ubay. salam kenal ya awak belum sempat kenalan di palantalk kemarin. awesome blog btw. yang kak anita oktomia itu yang jilbab coklat muda kan ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAi uni Ika, salam kenal kembali.
      Makasih udah singgah. Ayo di pertemuan berikutnya yuk gabung
      Ia uni kk Anita memang uni kenal?

      Delete
    2. yup sempat kenalan di palantalk kemarin tapi dak banyak ngobrol ngobrol jadi agak ragu ragu ingat namanya kak anita, btw awak yang duduk disebelah uni ayu yang istrinyo uda bara. blog mereka apa ya?

      Delete
    3. Owww gto. kk Anita tu senior awak waktu kuliah dan ternyata tadi wak kepoin blog uni ternyata lg kuliah dikampus awak juga hehhee junior awak kiranya :D

      Awak taunya blog uda bara aja. ni blog nya barrabaa.blogspot.co.id :)

      Delete
    4. okeh thanks infonyo uda ubay. wak blog walking ke blog kawan kawan palantalk.
      hahah iyo, junior kasi salam ke senior :v

      Delete
    5. oke uni, hhahah silahkan blog walking ke temen2 palanta lainnya :D

      Delete
  3. Kalau lihat komunitas blogger yang aktif dan kompak banget seperti ini rasanya envy sekali. Andai saja disini juga ndak hiatus dan cerai berai, duh jadi curhat, haha. Sukses terus untuk Blogger Palanta. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe yang penting semangat uda Yoggy.
      Btw salam kenal dari Ubay ya.
      Setidaknya dengan rajin bertemu akan mempererat tali silaturhami uda

      Delete
  4. wah sukses buat palanta nih.
    eh bang ada bloggger yang niche fotografi enggak? saya lagi cari partner blogger fotografi juga nih hahaha.
    kebetulan saya baru bikin blog gariswarnafoto[dot]com
    bikinnya sekarang baru tips fotografi aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah menarik juga nih, sejauh ini belum ada uda Jack.
      Paling saya aja hehe
      Bisa nih kontak2 :D
      stay dimana uda?

      Delete
  5. pertama-pertama awak ucapkan tarimo kasih banyak buat uda Bayu yang menjadi penghubung silaturahmi awak dengan blogger-blogger di Sumbar.. Semoga dengan adanya acara #BloggerReborn ini, komunitas blogger di sumbar semakin kuat dan memunculkan kembali semangat anak2 muda Sumbar untuk menulis.. Tapi awak udah lama gak nulis juga nih karena kesibukan ahahaha.. NTarlah weekend mulai menulis lagi :D ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samo-samo uda Bara. Semoga dengan pertemuan ini dan kegitan Palantalk berikutnya lebih menggirahkan para blogger di Sumbar yang belum bergabung dan dapat berbagi di sini.

      Hahaha biasa tu, kalo ada wktu senggang kan bisa nyetok tulisan uda :D

      Delete
  6. Semogananti jika ada #palantalk #2 bisa ikutan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn uni. Ditunggu aja kabar berikutnya hehehe

      Delete
  7. Good job, di tunggu info berikutnya

    ReplyDelete
  8. Good job, di tunggu info berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhe ia uda. mohon supportnya dan kedatangannya untuk edisi berikutnya

      Delete
  9. Hai salam kenal juga Bayu. Salam kenal. Jadi Blogger Palanta masih aktif ya. klo di grup FB kayaknya sdh ga. Saya blogger juga tinggal di Padang (www.yervihesna.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga uni Yervi. salam kenal kembali. Masih aktif kok uni.

      Wah bisa gabung dunk uni dengan Palanta. Nanti akan ada kegiatan #Palantalk untuk saling berbagi dan sekaliang silaturahmi antar sesama blogger.

      Delete
  10. 2017 udah ga aktif lagi, :( sedihnya, my blog http://nandanetwork.blogspot.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...