Monday, April 17, 2017

5 Air Terjun yang Wajib Dijelajahi di Kota Padang


Kota Padang memiliki sejumlah destinasi wisata yang berbau air terjun. Meski pamornya tidak begitu hits dibandingkan dengan destinasi wisata bahari seperti pantai dan pulau. Wilayah Kota Padang yang dikelilingi oleh perbukitan ini memiliki potensi akan keberadaan air terjun dan umumnya masih belum begitu dijamah oleh masyarakat.

Dari sejumlah air terjun yang telah saya rangkum dan kunjungi, setidaknya ada 5 lokasi air terjun yang wajib dijelajahi bila ingin berpetualang menyusuri alam Kota Padang. Berikut ceritanya dimulai dari tingkatan yang mudah hingga yang membutuhkan tenaga yang ekstra:

1. Air Terjun Lubuak Tampurung

Air Terjun ini terletak di Kampung Guo, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Berada sekitar 20 km sebelah timur pusat Kota Padang. Akses menuju lokasi mudah, sudah ada jalannya dan trekking sekitar 20 menit. Selama perjalanan akan melewati perkebunan rambutan dan durian dan dapat melihat panorama Kota Padang dari ketinggian.

Dinamakan lubuak tampuruang karena memiliki kolam yang bentuknya seperti tempurung kelapa. Kolamnya berwarna hijau lumut dengan kedalaman 2-3 meter. Air terjun ini memiliki potensi keindahan alam yang patut untuk dijelajahi. Di sini dapat menikmati panorama alam yang masih asri dan sejuk, bisa bermain bermain air atau cliff jumping. Air terjun ini cukup terkenal dan ramai dikunjungi oleh masyarakat terutama akhir pekan dan musim liburan.

Baca: Keseruan Bermain Air di Lubuak Tampuruang Padang

2. Air Terjun Lubuak Hitam


Air Tejun Lubuak Hitam ini berada di Desa Koto Lubuk Hitam Cindakir, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Terdapat tiga tingkatan air terjun dengan jarak dan ketinggian berbeda yang menghadap ke Samudera Hindia. Air terjun ini merupakan satu-satunya air terjun dengan tertinggi di Kota Padang, lebih dari 15 meter.

Menuju lokasi tidak sulit, sudah ada jalurnya dengan trekking selama 30 menit. Sebenernya tidak banyak yang mengunjungi air terjun ini, kecuali masyarakat sekitar yang umumnya untuk kegiatan sehari-hari. Air terjun ini memiliki pesonanya tersendiri, bila beruntung dapat melihat pelangi hasil biasan butiran air yang terpapar sinar matahari. Penasaran? Yuk jelajahi air terjunnya!

Baca: Air Terjun Lubuak Hitam Panorama Alam Berpelangi

3. Pincuran 7




Dinamakan pincuran 7 karena memiliki air terjun dengan 7 tingkatan, bahkan ada yang menyebut air terjun 100 tingkat, karena banyaknya spot air terjunnya. Tiap air terjun memiliki keunikan tersendiri. Hanya air terjun yang kedua dan ketiga yang bisa manfaatkan untuk bermain air, karena memiliki lubuak (kolam) dengan debit air yang deras dan jernih.

Untuk mencapai lokasi cukup mudah dan sudah ada jalurnya dengan trekking sekitar 15-20 menit. Lokasinya berada 25 km dari pusat Kota Padang pergi ke arah Lubuk Minturun ikuti jalan menuju pemandian ABG atau pemandian Ngungun Saok. Setibanya ditempat, kendaraan dapat dititipkan di salah satu rumah penduduk yang menjadi titik poskonya. Kemudian membayar tiket masuk Rp.5 ribu/orang dan parkir Rp.3 ribu/kendaraan. Meski berada di tengah hutan dan jauh dari keramaian ternyata ada sinyal ponsel loh untuk provider warna merah.

Baca: Menjelajahi Pincuran 7 Kota Padang

4. Air Terjun Sarasah Ulu Gadut 


Air terjun yang ini berada di pedalaman hutan Bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Ulu Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Menuju air terjun ini tidak sulit, akses jalan sudah ada, tapi memerlukan waktu dan trekking selama 30 menit untuk bisa sampai ke lokasi. 

Uniknya, air terjun ini berbentuk seperti kubus menumpuk layaknya bangunan piramida sehingga wajar saja dikatakan cantik dan mempesona. Bagi pencinta fotografi air terjun ini dapat menjadi pilihan untuk lokasi hunting, karena lokasinya Instagenik dan lanskapnya menarik. Apalagi dengan mengunakan atribut akan semakin ciamik.

Baca: Air Terjun Sarasah Ulu Gadut Bertingkat 7 dan Sasarah Ulu Gadut Air terjun Tercantik dan Instagenik di Kota Padang

5. Air Terjun Ngalauan


Air Terjun Lubuak Ngalauan atau dikenal Sarasah Lubuak Rantiang ini termasuk lokasi air terjun yang menantang, sebab berada di tengah hutan yang jauh dan harus melewati 4 aliran sungai. Tempatnya berada di kawasan Sungai Bangek, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Akses jalannya ada yang sudah beraspal dan berbatuan kemudian trekking sekitar 1 jam. Rutenya menuju kampus UIN Imam Bonjol baru. 

Air terjunya luar biasa sekali, sebab membutuhkan tenaga yang ekstra tapi tempatnya sangat menawan dan masih asri. Asik untuk bermain air karena areanya kolamnya luas berwarna hijau dengan ketinggian lebih dari 6 meter. Wajar saja air terjun ini termasuk yang menantang di Kota Padang. Berani jelajahnya?

Baca: Air Terjun Lubuak Ngalauan, Sensasi Petualangan Menebus Hutan di Kota Padang

***
Jelajah ke air terjun tidak akan seru bila tidak bermain air. Di sana kamu bisa berenang dan cliff jumping, karena memiliki kolam yang cukup dalam dan luas dengan air yang jernih dan menyegarkan sekali. Satu lagi, namanya juga jelajah air terjun, tentu dengan trekking yang dapat memacu adrenali, karena umumnya air terjun berada di pedalaman hutan dengan ketinggian tertentu dan dikelilingi oleh perbukitan. Itu pula sensasinya.

Menariknya, kelima air terjun di Kota Padang ini mudah ditemukannya, sudah ada jalur dari jalan setapak. Yuk siapkan diri untuk berpetualang menjelajah air terjun di Kota Padang. Siap saja kamu akan terpukau olehnya.
————————————————————————————————————————————————————
Bayu Haryanto – biasa disapa Ubay. Penikmat senja yang bermimpi untuk explore Indonesia dengan tagline #JelajahNagariAwak. Pemotret yang suka dipotret. Perngkai kata dalam blog kidalnarsis.blogspot.co.id. Jejaring sosial Twitter @beyubay dan Instagram @beyubaystory.

Traveling  Explore  Journalism  Photograph  Writer  Share  Inspire

 ©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

4 comments:

  1. wahhh.. air terjunnya bikin seger euyy..
    bawaannya jadi pengen berendam berlama-lama disana..
    dan itu yang lubuak hitam keren aja ada pelanginya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe gk ada lagi Bu. Memang seger bgt.
      Rugi kalo gk bermain air.
      Itu pelangi jd peminatnya Bu hehehe

      Delete
  2. wow kece! beberapa air terjun di atas saya awalnya tahu dari kalender krn sering jd foto sampul kalender.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hits juga y air terjun nya hehehehe

      Emang kalender tahun berapa Bu?

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...