Wednesday, April 5, 2017

Wow, Tebing Bukit Sungai Buluh, Layaknya Lembah Harau


Bicara keindahan alam, Sumatera Barat memang juaranya. Tiap sudutnya menyimpan pesona yang tidak kalah dari daerah lainnya. Begitu menawan, bak mutiara terpendam. Panorama tebing yang menjulang dengan lembah yang hijau terhampar pepohoan dan sawah biasanya dapat ditemui di Lembah Harau Kabupaten Limapuluhkota dan Ngarai Sianok Kota Bukittinggi –Kabupaten Agam.

Namun, tidak ada yang pernah mengira jika di Kabupaten Padang Pariaman juga memiliki tebing dengan lembah yang cantik. Sebenarnya tempatnya sangat familiar dan sering dilihat. Berada dekat jalur kereta api dan jalan utama provinsi yang mengubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi.

Keberadaannya pun tidak jauh dari Bandara Internasional Minangkabau. Namanya Bukit Sanggua Talang Jala berlokasi di Nagari Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman.

Panorama Tebing Bak Lembah Harau.



Pagi itu, saya merencanakan perjalanan menuju daerah Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman. Niat awal untuk pergi pesta pernikahan (baralek). Namun, ternyata singgah terlebih dahulu ke tempat ini. Sudah lama saya melihat tebing ini dan pada kesempatan ini saya tidak ingin melewatkannya.

Motor yang saya kendarai berhenti sejenak dan terpakir di depan rumah penduduk. Kemudian saya melintasi jalan. Wow, ternyata pemandangan di sekitarnya begitu indah. Menyegarkan mata dan saya sangat terpana.



Terlihat bukit dengan tebing yang tinggi menghadap jalan raya ke arah barat. Hijau pepohoan yang tumbuh subur memayungi tebing dan puncak bukitnya. Terlihat juga beberapa rumah menyelinap di antara pepohonan. Dari kejauhan, jalan tak beraspal hingga ke ujung bukit itu membelah hamparan petak-petak sawah yang baru menghijau.

Inilah cuplikan keindahan panorama lembah Sungai Buluh yang berpagar tebing dengan permadani hijau. Sekilas memang panorama di tempat ini menyerupai Lembah Harau, meski ketinggian tebingnya tidak terlalu tinggi, kira-kira lebih dari 15 meter.


Nagari Sungai Buluh Potensi Eko Wisata Padang Pariaman



Tempatnya memang menarik dan landskap yang tercipta yang sangat mantap sekali untuk diabdaikan. Mungkin bagi masyarakat sekitar tempat ini biasa saja, tapi bagi saya panoramanya memang juara untuk spot hunting fotografi. Tentunya instagenik sekali. Sayangnya, tempat ini bukan destinasi wisata, melainkan ladang sawah masyarakat yang berlatarkan perbukitan yang bertebing.

Nagari Sungai Buluh sendiri, memiliki potensi alam yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata. Misalnya saja, terdapat hutan nagari yang merupakan hutan tropis yang masih terjaga, dengan adanya rumah pohon hingga memiliki sejumlah air terjun di Korong Kuliek yang bisa menjadi pilihan untuk berpetualang.

Sudahlah, saatnya saya melanjutkan perjalanan. Terlalu terlena dan terhipnotis akan keindahan tebing Bukit Sanggua Talang Jala ini. Sebelum pergi dari tempat ini saya sempatkan juga swafoto dulu. Ah, barang kali saat padi ini menguning, mungkin akan tercipta nuansa berbeda dari tempat ini. 



—————————————————————————————————————————————

Bayu Haryanto – biasa disapa Ubay. Penikmat senja yang bermimpi untuk explore Indonesia dengan tagline #JajahNagariAwak. Pemotret yang suka dipotret. Perngkai kata dalam blog kidalnarsis.blogspot.co.id. Jejaring sosial Twitter @beyubay dan Instagram @beyubaystory.

Traveling  Explore  Journalism  Photograph  Writer  Share  Inspire

 ©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

12 comments:

  1. Wow ijoooo uda, segeeeer di mato hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhaahaha ia mas. Seger pake banget mas. Yuk ke Padang

      Delete
  2. Wow, sekilas emang mirip sama Lembah Harau. Padinya rapi dan segar dipandang mata. Tapiiii, foto selfie kedua dari bawah itu kok kayak ngajak berantem ya Uda, wkkkkkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia memang sekilas mirip Uni. Gk ada lagi memanjakan mata banget uni. Hahaha gk ada ah itu gaya gaya aja hehehheee

      Delete
  3. Segerrr bangeettt liatnyaa. . Serbaa hijauu uda. Jd fresh liatnyaa. Tfs yaa, semogaa suatu saat bsa liat sendiri secara langsung hehehe. . Salam kenaal 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Uni Lucky 😊.
      Ia serba hijau, seger bukan?
      Ayo ke Padang Uni

      Delete
  4. Wah tebingnya cakep.. gimana tuh kalo difoto pas sunset apalagi motonya dari atas tebing.. eh dapet sunset gak disini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas, cakep kali dah.
      Gk dapet sunset mas paling sunrise aja.
      Klo sunset langitnya aja hehe

      Delete
  5. Cakeup!!!
    Kapan saya kesana?
    *tanyakan pada rumput yang bergoyan di pinggir sawah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe mari berdoa saja Uni agar bisa ke Padang. Hehehehe

      Delete
  6. ih keren habis, ah aklau ke padang mampir ke sini, lagi ke padang mana sempat kemari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksih Uni. Banyak tempat menarik di Sumbar yg mungkin akan membuat kita terpukau. Ayo ke Sumbar

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...