Friday, May 12, 2017

Langkuik Indah Hulu Banda, Pesona Lain Air Terjun Malalak


Di Sumatera Barat kawasan Malalak dikenal dengan daerah yang memiliki banyak pasokan air terjun. Keberadaannya memikat para penikmat wisata petualangan, termasuk saya sendiri. Menjelajah air terjun menjadi tujuan utama saya saat itu.

Usai menikmati keindahan Burai Burai Batang Marabuang, saya melanjutkan perjalanan menuju Langkuik Indah Hulu Banda bersama Tulus, Bg Ardiansyah dan Putra. Air terjun ini mudah sekali dijumpai, tidak seperti biasanya yang harus melintasi pekebunan dan ladang masyarakat, menyusuri aliran sungai hingga masuk ke dalam hutan. Itulah isitmewanya air terjun ini.

“Tempatnya berada di tepi jalan dan tidak jauh dari jalan utama desa,” sebut Tulus.

Sesuai namanya air terjun ini berada di Jorong Hulu Banda, Nagari Malalak Barat, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Meski ada juga yang menyebut air terjun ini dengan Burai-Burai Indah.

Akses terdekat yang bisa ditempuh mulai dari Kota Pariaman via Cubadak Aia, Pariaman Utara atau Kabupaten Padang Pariaman via Sicincin dengan waktu tempuh lebih dari satu jam. Selama perjalanan akan melintasi perbukitan berkelok yang menyuguhkan pemandangan yang menawan. Hamparan sawah dan hutan yang rapat menjadi objek tontonannya.


Sesampainya di lokasi terlihat saja kolam yang luas dengan air terjun menyambut kami. Motor kemudian kami parkirkan di tempat yang sudah disediakan dan menariknya tidak ada biaya parkirnya. 

Ternyata air terjun ini sudah lama digunakan oleh masyarakat setempat sebagai lokasi pemandian alam. Air terjunnya tidak terlalu tinggi kira-kira lebih dari 4 m dengan kolam yang terlihat berwarna hijau lumut. Dikelilingi tebing dengan pepohonan hijau yang lebat.


Kolamnya terlihat sengaja diperluas dan ada ikannya. Untuk kedalaman kolamnya bervariasi ada yang sampai 2 meter dan ada yang dangkal, tergantung lokasinya. Di tempat ini pengunjung dapat memilih bermain air sembari mandi-mandi atau ingin sekedar bersantai di tepi kolom, tidak ada salahnya juga sambil menyantap makan siang.

Akses jalannya sudah tersedia dengan baik, hanya saja infrastruktur pendukungnya belum ada seperti toilet, ruang ganti pakaian hingga tempat sampah masih terbatas Kabarnya, tempat ini tengah dalam proses pengembangan untuk dijadikan objek wisata yang potensial di nagari ini.


Memang betul sekali Langkuik Indah Hulu Banda ini sangat menjanjikan sebagai salah satu aset pendapatan masyarakat dari sektor pariwisata. Namun, tentunya harus dikelola dengan baik, tidak asal, terencana terukur dan berkelanjutan.

Langkuik Indah Hulu Banda ini dapat menjadi pilihan untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman sejawat, sebab tempatnya tidak begitu ramai, jauh hiruk pikuk perkotaan dan masih asri. Pemandangan di sekitarnya pun cukup indah.


————————————————————————————————————————————————————
Bayu Haryanto – biasa disapa Ubay. Penikmat senja yang bermimpi untuk explore Indonesia dengan tagline #JelajahNagariAwak. Pemotret yang suka dipotret. Perngkai kata dalam blog kidalnarsis.blogspot.co.id. Jejaring sosial Twitter @beyubay dan Instagram @beyubaystory.

Traveling  Explore  Journalism  Photograph  Writer  Share  Inspire

 ©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

6 comments:

  1. Lebar juga ya kolamnya.. asal ditata hati-hati tidak berlebihan pasti menarik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia betul mas, memang luas sekali kolamnya. Tinggal pengelolannya lagi mas.

      Delete
  2. Lebaaaaaaaar banget kolam airnya, jadi bisa mandi bebas di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia betul uni, luas sekali kolamnya
      seru untuk mandi-mandi hehehe

      Delete
  3. Beuhh.. asyiknya nyebur di air terjun yang bening begitu..
    pasti segar banget yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Seger untuk mandi-mandi airnya dingin juga loh.Ia tentunya seru sekali

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...